Perumda Dharma Jaya Pastikan Stok Hewan Kurban Cukup dan Sehat untuk Idul Adha

Kegiatan, Produk

Jakarta – Menyambut Hari Raya Iduladha 1445 Hijriyah, stok hewan kurban baik itu sapi maupun kambing dipastikan tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan kurban. Semua hewan kurban juga dipastikan dalam kondisi yang sehat sehingga halal dan higienis untuk dikonsumsi masyarakat.

Direktur Utama Perumda Dharma Jaya Raditya Endra Budiman mengatakan ketersediaan hewan kurban di Jakarta hingga saat ini ada sebanyak 800 ekor sapi dan 100 ekor kambing yang siap didistribusikan kepada masyarakat. Jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban. “Kami pastikan stok sapi dan kambingtercukupi menjelang Iduladha nanti. Hewan kurban sudah siap didistribusikan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan kurban,” kata Raditya Endra Budiman.

Raditya juga menegaskan kesehatan hewan kurban juga sudah terjamin melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta dan dokter hewan. Hewan kurban yang sudah diperiksa kesehatannya akan diberikan tanda, sehingga hal itu memberikan kepastian bagi masyarakat yang akan membeli hewan tersebut.

Tidak hanya itu, kata Raditya, pihaknya memastikan stok hewan kurban yang masuk benar-benar sehat sebelum memasuki area rumah pemotongan hewan (RPH) milik Perumda Dharma Jaya yang berada di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Dengan demikian, Perumda Dharma Jaya menjamin ketersediaan daging hewan kurban halal dan sesuai syariat Islam untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit zoonosis dan penyakit hewan seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), dan Salmonella.

“Jadi dipastikan, hewan yang masuk ke RPH Cakung sudah pasti hewan yang sehat. Kepastian ini kami lakukan untuk memberikan jaminan kepada masyarakat Jakarta terhadap kebutuhan hewan kurban yang sudah terpenuhi standar kesehatannya. Kami pastikan terpenuhi standar kesehatannya, halal dan higienis,” ujar Raditya Endra Budiman.

Layani Daging Kemasan
Lebih lanjut, Raditya menerangkan pihaknya melayani pembeli yang membawa kemasan atau wadah sendiri yang ramah lingkungan saat membeli daging potong di Perumda Dharma Jaya. Langkah ini dilakukan sebagai upaya mendukung kelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan kantong plastik yang sulit terurai.

“Untuk pengemasannya tergantung pelanggan. Kami terbuka bagi para pelanggan yang membawa wadah kemasan seperti bongsang, daun pisang maupun wadah atau kantong plastik berbahan ramah lingkungan,” terang Raditya Endra Budiman.

Kendati demikian, Raditya mengingatkan agar pelanggan yang membawa wadah atau kemasan sendiri tetap memperhatikan dan menjaga kualitas daging agar tetap aman dan dalam keadaan bersih untuk mencegah kontaminasi yang membahayakan kesehatan manusia. Disarankan para pelanggan bisa mengirimkan kemasan yang diinginkan langsung ke Perumda Dharma Jaya, sehingga pihaknya bisa langsung melakukan pengemasan.

“Biasanya pelanggan yang membawa kemasannya sendiri mengirimkan wadah atau kemasan, jadi kami tinggal melakukan pengemasan. Melalui penggunaan kantong plastik yang aman dan ramah lingkungan ini, Perumda Dharma Jaya memastikan masyarakat menerima gizi baik,” tegas Raditya Endra Budiman.