Total: Rp99.000

PD Dharma Jaya Akan Bangun Cold Storage Kapasitas 5000 ton Awal Tahun 2022

Dalam menjaga ketersediaan stok dan ketahanan pangan khususnya daging sapi dan daging ayam di DKI Jakarta, PD Dharma Jaya berencana akan membangun gudang pendingin (Cold Storage) dengan kapasitas daya tampung 5000 ton, yang terletak di Jl. Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.  

Direktur Utama PD Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman mengatakan rencana pembangunan cold storage sudah ada sejak tahun 2020 karena melihat kondisi pada saat itu masih pandemi sehingga kami tunda.

“Rencana pembangunan cold storage dengan kapasitas daya tampung 5000 ton di atas lahan dengan luas tanah 9000 m2 milik PD Dharma Jaya,” jelasnya.

Namun untuk merealisasikan pembangunan tersebut diperlukan investasi yang besar, diperlukan kerjasama dengan pihak lain baik sesama BUMD atau perusahaan swasta.

Serta melihat lokasi pembangunan cold storage dibilang strategis di Jakarta Timur, tentu dapat disewakan untuk penyimpanan produk protein hewani sesuai yang dibutuhkan.

“Jika sudah jadi cold storage akan disewakan juga,” ungkapnya.

Sambung radit, saat ini kami memiliki 32 unit cold storage dengan kapasitas daya tampung masing-masing 25 ton, total keseluruhan kapasitas 800 ton.

Sejarah Singkat PD Dharma Jaya

PD Dharma Jaya merupakan Badan Usaha MIlik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang bergerak dalam bidang perdagangan dan industri daging. PD Dharma Jaya berdiri sejak tahun 1966 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor: Ib.3/2/17/1966 tanggal 24 Desember 1966 dan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 78 Tahun 1971 pada tanggal 2 Agustus 1971.

PD Dharma Jaya bertugas membantu dan menunjang penugasan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya produk hewani dan petani ternak.

Saat Ini PD Dharma Jaya masih dikenal luas oleh masyarakat sebagai Rumah Potong Hewan (RPH) namun jika dilihat memiliki berbagai bisnis usaha pangan meliputi menciptakan makanan olahan, penyewaan kandang, jasa pemotongan, penjualan hewan qurban, penjualan daging beku di toko daging, mengolah pupuk dan lainnya.


Editor : Corsec dan Humas Dharma Jaya